Rabu, 08 April 2009

Tugas II E-Business

Create a summary guide for a small retailer company about the stages that are necessary in the creation of a website and the management issues involved.

Menurut saya, banyak sekali perusahaan kecil tumbuh menjadi besar dan berkembang menjadi raksasa dalam waktu yang relatif singkat hanya karena mereka mampu untuk menggunakan teknologi yang ada pada saat ini dan mampu untuk mengembangkan fasilitas internet yang ada untuk melakukan pemasaran akan barang-barang ataupun produk-produk mereka. Salah satu contohnya adalah Amazon.Com

Apalagi dengan jaman seperti sekarang ini, tidak heran lagi untuk meng-akses internet lewat handphone, dsbnya. Oleh karena itu, dibutuhkan website bagi sebuah perusahaan untuk lebih mengembangkan bisnisnya, agar lebih dikenal oleh masyarakat, dsbnya. Saat ini tiap organisasi/perusahaan baik itu skala kecil, menengah maupun besar sudah menggunakan sistem informasi untuk membantu kegiatan operasionalnya. Bagi perusahaan skala menengah dan besar, mereka biasanya sudah menggunakan aplikasi berbasis pada database sehingga mempermudah dalam pencarian dan pemanfaatan informasi yang dipunyai.

Untuk membuat sebuah website terlebih dahulu perusahaan harus mengarahkan tujuannya dalam menentukan website seperti apa yang dia inginkan, tujuan dalam website sendiri apa, dan bagaimana cara membuat sebuah website?

Hal ini dilakukan agar perusahaan nantinya dalam membuat website sesuai dengan yang diinginkan dan dapat menjadi media ataupun sarana dalam mencapai tujuan dari perusahaan itu sendiri.

Website ada bermacam-macam : ada yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, ada yang menggunakan blog (weblog), ada yang menggunakan system CMS (Content Management System), ada yang berupa forum diskusi, ada yang berupa website iklan baris, dan ada yang berupa komunitas seperti friendster atau facebook.

Untuk membuat website itu sendiri ada lima langkah dasar yang dilakukan, yaitu :

1.Registrasi “Domain Name”

Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di dalam internet, orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Pemilihan nama domain sangat penting untuk dapat membedakan website perusahaan yang satu dengan yang lain.
Untuk pemilihan domain disarankan :
 Pilih nama domain yang simple dan mudah diingat
 Pilih nama domain yang sesuai dengan mewakili isi dan tujuan dari website  hal ini untuk mempermudah orang untuk mengingat nama domain atau alamat website dari perusahaan.
 Bila ingin menggunakan nama domain yang panjang, usahakan menggunakan nama domain yang berisi kata-kata umum, untuk menghindari kesalahan dalam menuliskan domain
 Bisa mengikutsertakan keyword dalam nama domain untuk membantu proses search engine optimization, agar website tampil di search engine dengan posisi lebih atas

2.Desain toko Online

Sebuah web harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Unik
Dalam membuat karya apapun seorang designer mempunyai kesadaran untuk tidak meniru atau menggunakan karya orang lain. Begitu pula seorang Web Designer harus mempunyai budaya malu untuk menggunakan icon, animasi, button, dll, yang telah digunakan atau dibuat oleh orang lain.

2. Komposisi
Seorang Web Designer selalu memperhatikan komposisi warna yang akan digunakan dalam website yang dibuatnya. Pergunakan selalu Palette 216 WebColor, yang dapat diperoleh dari Adobe.com, hal ini untuk mencegah terjadinya dither pada image yang berformat GIF. Dalam membangun website suatu perusahaan, Web Designer selalu menyesuaikan warna yang digunakan dengan Corporate Color perusahaan tersebut. Sebagai contoh: Telkom Corporate Color-nya adalah biru, Coca-Cola : merah dan putih, Standard-Chartered : hijau dan biru, dsb. Untuk kemudian warna-warna tadi digunakan sebagai warna dominan atau sebagai elemen pendukung (garis, background, button, dsb).

3. Simple
Web Designer banyak yang menggunakan prinsip "Keep it Simple", hal ini ditujukan agar tampilan website tersebut terlihat rapi, bersih dan juga informatif.

4. Semiotik
Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda. Dalam hal ini diharapkan dengan melihat tanda atau gambar, user/ audience dapat dengan mudah dan cepat mengerti. Sebagai contoh: Jangan membuat gambar/image yang berkesan tombol, padahal itu bukan tombol/ link.

5. Ergonomis
Web Designer selalu memperhatikan aspek ergonomi. Ergonomi disini adalah dalam hal kenyamanan user dalam membaca dan kecepatan user dalam menelusuri website tersebut. Web Designer memilih ukuran Fonts yang tepat sehingga mudah dibaca, Web Designer menempatkan link sedemikian rupa sehingga mudah dan cepat untuk di akses dan lebih penting lagi adalah Informatif.

6. Fokus
Tentukan hirarki prioritas dari pesan yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus besar, tetapi jangan sampai akhirnya akan konflik dengan subjudul yang berukuran hampir sama. Hal ini akan membingungkan user/audience untuk menentukan pesan mana yang harus lebih dahulu dibaca/ dilihat.

7. Konsisten
Tentukan font apa yang akan digunakan sebagai Body-text, Judul, Sub Judul dan sebagainya, sehingga website tersebut akan terlihat disiplin dan rapi. Sesuaikan jenis huruf yang digunakan dengan misi dan visi website tersebut, misalnya: hindari menggunakan font Comic dalam membangun website suatu perusahaan resmi.

3.Server Hosting

Hosting adalah tempat meletakkan file-file website di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar sebuah website itu bisa ditampilkan, maka file-file website perlu disimpan didalam sebuah server hosting. Paket hosting ada yang dari Indonesia dan diluar negeri.

Anda bisa membeli domain dan hosting pada website berikut:
1. Untuk pembelian di Indonesia, Anda bisa membeli melalui domainhostingmurah.net yang merupakan sebuah website waralaba dari hosting idwebhost. Pembelian melalui website waralaba lebih murah dibandingkan pembelian langsung di idwebhost, kurang lebih 8-10% dari harga. Fasilitas dan support tetap sama diberikan oleh idwebhost.

2. Untuk pembelian di luar negeri
Setiap pembelian domain dan hosting di luar negeri memerlukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau dengan PayPal, tetapi Anda bisa mendapatkan paket unlimited domain, unlimited bandwidth, unlimited hosting, unlimited database untuk semua website Anda sehingga tidak perlu membeli hosting lagi ditempat lain.

4.Solusi Pembayaran

Ketika e-commerce Anda telah benar-benar mulai, Anda harus memiliki software pembayaran, merchant account di bank atau perusahaan commerce provider, jasa pemrosesan pembayaran, dan pintu gerbang untuk berhubungan ke seluruh elemen pemrosesan ini. Anda juga akan membutuhkan software mesin cash register untuk menolong Anda menghitung pajak penjualan dan biaya pengiriman dengan mudah.
Ketika pertama kali memulai transaksi bisnis dan menerima pembayaran, pertama-tama Anda harus membuka rekening di sebuah bank dagang. Pilihlah bank dagang yang bisa memenuhi seluruh kemungkinan proses transaksi Anda dan mampu memberikan solusi komprehensif bagi pelaksanaan tugas-tugas tersebut.
Jika Anda telah memiliki rekening (account), bank dagang tersebut akan melayani transaksi online Anda dengan konsumen/pelanggan, memindahkan dana yang terdapat di kartu kredit mereka, dan menempatkan uang hasil transaksi ke rekening Anda.

5.“Traffic Coverage”

Tidak persoalan berapa pun besarnya situs Web Anda, orang tidak akan datang ke sana bila Anda tidak tahu di mana mereka berada. Persoalan "traffic" harus Anda perhatikan benar dalam perencanaan bisnis Anda.
Langkah pertama dalam membangun arus adalah mendaftarkan situs Anda di search engines. Anda tidak perlu khawatir, soebita.com yang akan melakukannya untuk Anda. Ketika mendaftar, Anda harus memikirkan benar "meta tags" atau kata kunci yang menjadi penghubung ke situs Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar