Rabu, 01 April 2009

Tugas I (E-Business Strategy)

For an organization you are familiar with, examine the alternatives business and revenue models afforded by the internet and assess the options for the type and location of e-commerce transitions.

PT. Trimegah Securities, Tbk merupakan salah satu perusahaan sekuritas terbesar dan paling terintegrasi di Indonesia. Bergerak dalam bidang penyedia jasa keuangan, seperti melayani transaksi perdagangan efek ekuitas, surat utang, memberikan jasa penjaminan emisi saham dan obligasi, arranger serta penasihat keuangan, menawarkan jasa management investasi melalui reksa dana dan discretionary fund, melayani kebutuhan nasabah akan produk dan layanan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dipasar modal.

Business or consumer model dari EC adalah :
 B2C (Business to Consumer)  broker transaksi (suatu proses online transaksi penjualan seperti broker saham dan travel agen). PT. Trimegah Securities, Tbk melakukan penjualan saham kepada nasabah dan melakukan system online dengan menggunana TOS (Trim Online System) dengan cara melalui proses perantara yaitu Account Officer menerima orderan dari nasabah dan langsung menginput orderan di TOS dimana TOS ini sudah langsung terhubung ke system didalam BEJ.

Alternative perspective on business model :
1. Market Place Position
 Market place or exchange (intermediary)  sebagai perantara pedangan efek antara nasabah dengan BEJ dengan menggunakan system online yang lebih terkenal dengan nama TOS (Trim Online System)
 Media owner or publisher  menerbitkan TRIM HARIAN dimana semua hasil research ataupun tinjauan market dapat dibaca online oleh nasabah didalam website TRIM dan terdapat annual report di dalam websitenya sehingga dapat digunakan oleh pihak-pihak yang memerlukannya

2. Revenue Model
 Commision based sales (affiliate, auction, market place)  dimana semua perantara dari nasabah baik dari pihak front liners maupun back liners dapat menjualkan efek dan reksa dana kepada nasabah dan mendapatkan komisi dari perusahaan dan setiap nasabah yang melakukan kegiatan perdagangan baik dalam pembelian efek ataupun unit penyertaan dan juga dalam penjualan efek dan unit penyertaan perusahaan mendapatkan fee dari setiap transaksi yang dilakukan.
 Advertising (banner ads, sponsorship)  Dari setiap banner yang dikeluarkan seperti TRIM Syariah, dsbnya TRImegah mendapatkan keuntungan dimana dapat menarik investor ataupun nasabah untuk membeli produk-produk ini dan dapat dipesan secara online.

3. Commercial Model
 Brokered or negotiated deal  harus ada persetujuan antara penjual saham dan pembeli saham sehingga suatu transaksi bisa dikatakan done didalam system TOS dan JATS (Jakarta Automated Trading System)

Location of trading in the market place :
 Seller- Controlled  dimana para Account Officer dengan melihat harga saham di TOS melakukan penjualan ataupun pembelian saham kepada nasabah dengan menggunakan telepon dan kemudian diinput ke TOS yang tersambung ke system JATS
 Buyer- Oriented  nasabah bisa meng-akses system TRIM-Online sendiri dengan menginput kode dan password nasabah dan bisa melakukan system pemesanan saham yang langsung tersambung kedalam JATS
 Seller –Oriented  TRIM juga menggunakan aliansi untuk memasarkan produknya dimana setiap ada pemesanan saham diinput oleh aliansi yang langsung tersambung kedalam system.

Variations in the location and scale of trading :
 Many to many  trade via intermediary website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar