Rabu, 20 Mei 2009

Advantage and Disadvantage of Personalization, Community Building and Direct Email

Examine the benefits and disadvantages of personalization, community building, and direct email.

Personalization

Personalization terjadi ketika perusahaan mengambil keputusan marketing mix yang sesuai, berdasarkan dengan kumpulan data pelanggan yang telah diperoleh.Personalization mempunyai beberapa keunggulan, antara lain kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan laba yang juga lebih tinggi. Kepuasan diharapkan akan meningkat, karena perusahaan melakukan marketing mix yang relevan dengan data pelanggan.

Namun, Personalization juga memiliki beberapa kelemahan. Pertama, adalah kekhawatiran menyerang privasi orang. personalization adalah mengumpulkan data dan memanfaatkan data yang diperoleh. Kedua, personalization ini cukup mahal, karena membutuhkan data dan software yang mahal untuk melakukannya karena tergantung pada keakuratan personalization itu sendiri. Misalnya, apakah Amazon merekomendasikan buku tertentu kepada orang yang tepat? Tentunya ini sulit untuk dipastikan.

Community Building

adalah sekumpulan grup masyarakat dimana secara primer berinteraksi dengan media komunikasi seperti newsletters, telephone, email,atau tujuan lainnya.

Keuntungan :

1. dengan adanya community building, kita dapat berhubungan jarak jauh dan memperdalam rasa kebersamaan

2. community building dapat secara langsung menyimpan bahan2 sehingga dikemudian hari kita dapat melihatnya kembali

3. Hasil yang didapatkan kemungkinannya lebih besar, karena terdapat brainstorming antara banyak orang

Kelemahan dari community building ini adalah :

1. sangat rawan untuk di copy paste oleh orang lain

2. postingan yang anda jika dirasa tidak cocok, akan dikomentarin habis2an

Direct Email

Keuntungan :

1. Direct email lebih mengandung infomasi penting sehingga digunakan sebagai sarana komunikasi didalam lingkungan kerja

2. Direct mail tidak hanya bisa dijadikan referensi dan disampaikan kepada teman atau rekan kerja, melainkan juga bentuknya praktis dan bisa meliputi sample produk atau hadiah gratis.

3. dapat mengarahkan proses marketing kita pada segment pasar yang kita inginkan. Dengan hal ini maka proses marketing akan lebih efisien dan lebih efektif
4. Selektif dalam pemilihan khalayaknya sesuai yang diinginkan (profesi, status sosial ekonomi dsb)

5. Memiliki pengaruh personal yang sangat tinggi karena langsung dibaca oleh calon konsumen tanpa ada pesan pesaing lainnya. Selain itu calon konsumen merasa mendapat perhatian dan kehormatan karena mendapat direct mail

6. Media periklanan yang relatif ideal untuk mendapatkan tanggapan langsung dengan cara menyisipi formulir pembelian atau formulir berlangganan

7. Fleksibel dan efisien artinya luas halaman, design dan sebagainya ditentukan oleh pengiklan baik dalam pembuatan mapun segi perhitungan pembiayaan

8. Praktis artinya dapat digunakan untuk mengukur banyaknya calon pembeli dan banyaknya yang memberi tanggapan.

Kelemahan direct mail :

1. Jika direct mail yang datang terlalu banyak dieksposure maka akan dianggap sebagai spam sehingga masuk kedalam folder Junk

2. Mendapat sensor artinya beberapa eksekutif yang sibuk enggan membukanya

3. Tidak mudah menemukan pelanggan yang nomaden atau berpindah-pindah alamatnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar